GuidePedia

Kalau kita bekerja di ruang sempit tentu pekerjaan kita tak bisa optimal dan hasilnyapun dijamin tidak maksimal, apalagi jika yang bikin sempit itu adalah benda – benda yang tidak berguna. Pekerjaan yang seharusnya bisa diselesaikan dengan cepat malah menjadi lambat. Demikian pula sistem operasi ponsel, jika ruang geraknya dibatasi oleh file rongsokan maka akan timbul
masalah – masalah yang tidak diinginkan. Kinerja yang lamban, lemot alias lemah otak (idiotphone kalee) hingga muncul berbagai error.

Saya menemukan ada tiga aplikasi yang di program untuk membersihkan file sampah di ponsel kita. Ada G-Force, X-Clear dan SCleaner. Ketiganya bekerja di lingkungan Python dan memiliki cara kerja yang sedikit berbeda. G-Force bekerja secara otomatis, begitu diklik dan terbuka akan langsung melakukan scaning dan cleaning tanpa menawarkan opsi apa – apa. X-Clear bagi saya agak sedikit membingungkan, ketika memilih opsi Clean up tidak ada indikasi bahwa proses cleaning sedang berjalan dan idle dalam waktu yang cukup lama. Tapi opsi – opsi yang lain berjalan dengan normal. Hampir sama dengan X-Clear, SCleanerpun memberikan pilihan apa yang akan dibersihkan lewat daftar yang muncul ketika mengklik Cleaning > Options > Select list. Pada aplikasi ini terdapat daftar aplikasi – aplikasi yang autostart.
Dari secuil gambaran di atas anda bisa menentukan mana yang ingin anda gunakan diantara ketiga cleaner tersebut, jika ingin yang simpel tentu G-Forcelah yang menjadi pilihan, tapi ada baiknya untuk mencoba ketiganya. Setelah memasang salah satu (dua) dari ketiganya lakukanlah cleaning secara berkala sesuai ‘perlakuan’ anda terhadap ponsel anda. Yang gemar meramban, chatting, mengunduh atau mengunggah berbagai file di internet, yang gemar install/uninstall aplikasi dan modifikasi tentu harus lebih sering melakukan cleaning.
downlod disini
 
Top